ITTelkom Surabaya Dorong UMKM Pembuatan Website, Ini kata Dosen Prodi Informatika

731

Surabaya || faktaindonesia.co.id – Era digitalisasi telah dimanfaatkan bagi pelaku usaha untuk mempromosikan usahanya melalui internet seperti yang dilakukan oleh UD Rozi. Betapa tidak, sebelumnya usaha dipromosikan dari pemilik Rachmat Romadoni ini mengandalkan jemput bola dari para pembeli.

Namun, setelah beralih pembuatan website, usaha miliknya bisa terakses dengan online shop dan mengalami perkembangan cukup maksimal.

“Ini memberikan respon baik adanya pembuatan website,” kata Rachmat Romadoni.

Diceritakannya, sebelum membuat website pihaknya hanya menunggu pembeli. Setelah diketahui online shop jadi jangkauannya lebih luas.

“Perbedaan sangat jauh, saya lebih mudah mempromosikan usaha memakai website ini,” ujar Rachmat Romadoni.

Sementara itu, Dosen Prodi Informatika ITTelkom Surabaya, Riza Akhsani Setyo Prayoga mengatakan bahwa, teknologi digitalisasi sangat bermanfaat bagi pelaku usaha untuk promosikan usaha mereka hingga ke pelosok dan lapisan masyarakat luas. Mereka pelaku usaha kini tidak lagi berjualan atau promosikan secara offline. Akan tetapi, bisa melalui online media sosial (medsos) marketplace dan itupun tidak cukup. Karena perlunya, mereka ada competitor menonjolkan diri dalam kompetisi platform daring.

“Bisnis saat hanya fokus pada membuat toko online saja, maka calon pembeli tidak memiliki keterikatan emosional. Hanya ada kompetisi harga produk antar toko platform dan yang dipilih biasanya paling murah,” ungkapnya, Selasa (25/10).

Maka itu, masih kata Ketua Tim Pengabdian Masyarakat bahwa, diperlukan membangun brand pada keunikan masing-masing.

“Disini website menjadikan strategi digital branding yang baik,” terang Riza Akhsani, bersama anggota Tim Pengabdian Masyarakat lainnya Rizky fenaldo Maulana, S.Kom., M.Kom., selaku Dosen Prodi Informatika, Nicko Nur Rakhmaddian, S.T., M.Tm, selaku Dosen Prodi Teknik Logistik, dan 3 mahasiswa Tracy Olivia, Fajrul Fallah Arrafi, dan Devandro Alifiano.

Riza menyatakan bahwa, dengan pembuatan website tersebut menggandeng UD Rozi, salah satunya UMKM berfokus pembuatan furniture pada kerajinan kayu, alumunium, dan kusen. Proyek website dikerjakan selama 6 bulan yang akhirnya mampu membuat UD Rozi dikenal secara luas.

Kemudian, juga mempermudah pemasaran digital yang dibantu dengan adanya web profile sebagai sarana promosi maupun pengenalan produk ke konsumen.

“Tidak hanya meningkatkan brand awareness saja, namun menunjang pemberdayaan ekonomi pelaksanaan ekonomi secara kreatif dan mandiri,” paparnya.

Oleh karena itu, dia berharap, semoga dengan adanya website pelaku usaha UMKM, khususnya UD Rozi dapat bisa membantu. Selain itu, bisa dijadikan sebagai sarana promosi suatu keharusan bagi penjual agar usaha dapat menjadikan daya tarik diminati.

“Tidak semua pelaku usaha memilikinya padahal dengan keberadaan website langkah untuk membangun reputasi memiliki basis pembeli yang royal,” pungkas Riza. (ynt/mnf/ries)

iklan bawah berita