Peringatan HSN 2022, Husnul Maram: Moderasi Beragama Harus Dikuatkan

577

Surabaya || faktaindonesia.co.id – Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2022, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Timur, Dr. H. Husnul Maram, M.H.I., meminta agar selalu bersyukur. Dikatakannya bahwa, untuk selalu senantiasa selalu berterima kasih kepada para pendahulu pada sebelumnya.

Oleh karenanya, Husnul Maram berharap, kepada semua madrasah baik di kalangan negeri serta swasta untuk dapat mengutip tema hikmahnya pada memperingati HSN tersebut.

“Saya berpesan, bagi madrasah negeri dan swasta yang jumlahnya ribuan di Jatim harus dapat mengambil hikmah dari HSN setiap tanggal 22 Oktober ini,” ujarnya kepada faktaindonesia.co.id, Sabtu (22/10/2022).

Husnul menuturkan santri adalah, moderat. Sebagaimana moderasi beragama harus betul dikuatkan dimana pun berada. Dengan begitu, moderasi beragama itulah merupakan komitmen kebangsaan.

“Kesimpulan pada moderasi beragama, yakni anti kekerasan, saling toleransi, dan menghormati budaya lokal,” ungkapnya.

Menurut dia, dalam moderasi beragama, bisa saling menjaga satu sama lain. Maka dari itu, sambung Husnul Maram, kalau semua telah terjalin, NKRI inilah tetap utuh.

“Kita semua akan maju di mata bangsa dan medunia,” paparnya.

Untuk itu, lanjut Husnul Maram, dengan semangat santri akan menjadi teladan bagi kita semua. Dengan santri dapat meneladani dari para alim ulama, kiai.

“Moderasi beragama ini perlu dapat dipraktekkan dalam kehidupan kita sehari-hari,” imbuhnya. (ynt/mnf)

iklan bawah berita