Babak Baru Pemilihan Ketua OSIM MTsN 3 Kota Kediri Periode 2022-2023 di Era Kurikulum Merdeka Belajar

594

Kediri Kota, faktaindonesia.co.id – Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang kedua di MTsN 3 Kota Kediri mengangkat tema Suara Demokrasi, Musyawarah dan Toleransi. Hal ini diimplementasikan ke dalam Pemilihan Ketua OSIM MTsN 3 Kota Kediri Periode 2022-2023.

Serangkaian tahap kegiatan seperti rekruitmen kandidat calon Ketua OSIM, kampanye visi misi kandidat calon telah dilakukan sejak 15 September 2022. Projek ini berupa penyelenggaraan Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIM layaknya Pilpres dan Pileg Presiden di Indonesia.

Rabu, 21 September 2022 di aula madrasah ratusan siswa bersama bapak ibu guru beserta karyawan dan karyawati MTsN 3 Kota Kediri, melaksanakan kegiatan pemilihan ketua OSIM (Organisasi Siswa Intra Madrasah) untuk periode 2022-2023.

Prosesi pemilihan ini merupakan babak baru kegiatan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIM yang dilakukan secara tatap muka langsung. Setelah dua tahun terakhir dilakukan secara daring. Tentu saja hal ini memberikan nuansa yang berbeda dari sebelumnya.

Sejak tahun ini MTsN 3 Kota Kediri menerima amanat sebagai Pilot Projek Kurikulum Merdeka, pemilihan ini disiapkan sedemikian hingga mirip dengan PEMILU. Namun kandidat calon Ketua tidak satu paket dengan calon Wakil Ketua. Untuk itu terdapat Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang melakukan tugas : Pelayanan daftar hadir pemilih, Pemberian Surat Suara, Persiapan bilik suara tempat menggunakan hak pilih, Persiapan tempat memasukkan surat suara yang sudah dicoblos, petugas celup jari tinta sebagai bukti telah memberikan hak pilihnya, Tim keamanan dan ketertiban (PKM) untuk kelancaran Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIM.

Djony Hartono selaku Pembina OSIM dan Panitia pelaksanaan pemilihan ketua OSIM memastikan proses demokrasi di Madrasah dilakukan secara Luber Jurdil (Langsung, Bersih, Jujur dan Adil).

Adapun kandidat calon ketua OSIM MTsN 3 Kota Kediri periode 2022-2023 yaitu: Nomor urut 1, Ahmad Atho’illah Al-Azam dari kelas 8B ; Nomor urut 2, Ira Sovi Laili dari kelas 8B; Nomor urut 3, Queen Amanda Ivanovicz dari kelas 8E; Nomor urut 4, Natan Alenia Furot dari kelas 8A; Nomor urut 5, Mohamad Rizil Ilham dari kelas 7E; Nomor urut 6, Fianka Tatirana Rahma Putri dari kelas 7E.

Proses pemilihan yang dimulai selesai pembiaaan rutin tadarus berlangsung dengan khidmat. Tepatnya pukul 07.30 pemilihan diawali oleh siswa-siswi yang ruangan kelasnya berada di kampus 1, yaitu kelas 7A, 7B secara bergantian kelas 8A, 8B, 8C,8D kemudian 9A sampai 9J. Disusul siswa-siswi yang ruangan kelasnya berada di kampus 2, yaitu 7C – 7I; 8E –8I mobilisasi siswa dapat berjalan tertib dengan adanya bantuan dan koordinasi bersama siswa-siswi anggota PKM (Patroli Keamanan Madrasah). Tak lupa juga pemilihan oleh bapak ibu guru yang berlangsung hingga 09.30 WIB pemilihan ditutup.

Penghitungan suara dilakukan di halaman kampus 1 MTsN 3 Kota Kediri tepat pukul 10.00 WIB sampai selesai. Penghitungan suara disaksikan seluruh warga madrasah. Siswa-siswi yang ruangan kelasnya berada di kampus 2, secara suka cita membaur di halaman kampus 1.

Setelah melewati penghitungan suara dengan suasana yang menegangkan berjalan lancar dan tertib, terpilih kandidat calon Nomor urut 1, Ahmad Atho’illah Al-Azam dari kelas 8B sebagai Ketua OSIM dengan pengumpulan suara sebanyak 320. Kandidat calon Nomor urut 4, Natan Alenia Furot dari kelas 8A sebagai Wakil Ketua OSIM dengan pengumpulan suara sebanyak 240.(LYL)

iklan bawah berita