Lutfi NasDem Berikan Bantuan Bibit Bawang Merah kepada Poktan Sumber Mulyo Desa Sekoto

556

Kediri, faktaindonesia.co.id – Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD Kabupaten Kediri, Drs. H. Lutfi Mahmudiono, melakukan silaturahmi dan memberikan bantuan bibit bawang merah kepada Poktan (Kelompok Tani) Sumber Mulyo, Dusun Pohrejo, Desa Sekoto, Kecamatan Badas, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Senin, 05 September 2022.

Menurut anggota dewan yang akrab disapa Pak Lutfi ini, bibit bawang merah tersebut merupakan bantuan hibah dari Dinas Pertanian Kabupaten Kediri melalui Pokir (Pokok-Pokok Pikiran) Anggota DPRD ketika melakukan serap aspirasi masyarakat.

“Desa Sekoto ini merupakan sentra bawang merah. Meskipun Kecamatan Badas bukan Dapil dimana saya berangkat menjadi anggota dewan, namun karena para petani disini ada yang mengusulkan untuk mendapatkan bantuan, sehingga ya kami perjuangkan supaya bisa mendapatkannya,” katanya.

Pak Lutfi juga menjelaskan, pemberian bantuan pertanian ini dapat dilakukan hanya kepada kelompok tani yang berbadan hukum. Maka dari itu dirinya menyarankan supaya para petani yang tidak bergabung dengan Poktan, agar bergabung atau membentuknya sendiri.

“Kalau sudah terbentuk Poktan, sebaiknya segera diuruskan legalitas dan badan hukumnya, sehingga ketika mengajukan bantuan kepada pemerintah bisa diberikan. Inilah pentingnya kelompok tani yang resmi,” jelasnya.

Pak Lutfi berharap, dengan adanya bantuan bibit bawang merah ini, semoga bisa membawa manfaat dan hasil panennya lebih meningkat, sehingga berdampak pada kesejahteraan ekonomi anggota Poktan.

“Bantuan sebesar Rp. 30 juta ini diberikan dalam bentuk uang tunai yang ditransfer langsung ke rekening Poktan Sumber Mulyo Dusun Pohrejo. Dan tradisi di Fraksi Partai NasDem, untuk bantuan dari Pokir seperti ini tidak pernah ada potongan sepeserpun kepada partai,” ulasnya.

Sementara itu, PPL Poktan Sumber Mulyo Dusun Pohrejo, Desa Sekoto, Bibit Lestari mengatakan, kelompok tani ini memiliki anggota sebanyak 55 petani bawang merah dengan lahan seluas 47 hektar.

“Kami sangat berterima kasih kepada Pak Lutfi atas bantuan ini. Karena disini merupakan sentra bawang merah, semoga nantinya akan ada bantuan peralatan pertanian maupun bibit lagi. Karena lahannya sangat luas, sehingga saat ini para petani sangat membutuhkan bantuan bibit bawang merah,: tuturnya.

Ungkapan terima kasih juga disampaikan oleh Sucipto, Ketua Poktan Sumber Mulyo Dusun Pohrejo, Desa Sekoto kepada Drs. H. Lutfi Mahmudiono yang telah memberikan Pokirnya untuk kelompok tani di Kecamatan Badas.

“Kami sangat bersyukur dan kasih atas kepedulian, serta bantuan bibit bawang merah ini. Apalagi Pak Lutfi bukan wakil rakyat dari daerah pemilihan disini, tetapi beliau mau memperhatikan nasib petani di Dusun Pohrejo, Desa Sekoto ini. Bahkan tidak ada potongan sepeserpun,” ucapnya. (88GG)

iklan bawah berita