Layanan Puskesmas Lambat, Begini Janji Kadinkes Kota Surabaya

150

Surabaya || faktaindonesia.co.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya secepatnya bakal mengevaluasi secara menyeluruh, baik terkait dalam lambatnya layanan kesehatan kepada masyarakat,maupun kendala faktor lain dengan berkaitan sistem pelayanan secara online.

Salah satunya, pada sistem manual tersebut sebagai persyaratan administrasi sangatlah berpengaruh untuk memperlambat pada pelayanan. Bisa terlihat pada beberapa wilayah di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kota Surabaya.

Pihaknya berjanji dalam waktu yang tidak cukup lama layanan Puskesmas akan segera ada perubahan.

“Kami dalam waktu tidak terlalu lama untuk pelayanan tiap Puskesmas di Surabaya bisa lebih baik lagi,” janji Kepala Dinas Kesehatan Kadinkes Kota Surabaya Anik Sukristina, Kamis (12/5/2022).

Begitupula, lanjut dia, sumber daya manusia (SDM) khusus medis dan non medis bertugas mendiagnosis keluhan pasien menjadi perhatian.

“Kita lagi evaluasi pada pelayanan tiap Puskesmas pada aplikasi ya,” tutur Anik.

Menurutnya, untuk mempercepat hal demikian maka Anik bekerjasama dengan pihak terkait dalam perbaikan sistem secara administrasi.

“Kami sedang lakukan perbaikan dan mengkebut bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Surabaya,” sebutnya.

Terlebih, saat disinggung terkait akan lambatnya penanganan masing-masing Puskesmas yang disebabkan oleh tenaga kesehatan (Nakes), dia mengaku, hal itu tidak begitu berpengaruh, sebab dirinya meyakini terkait jumlah nakes sudah mencukupi.

“Kalau nakes cukup, tapi beberapa tambahan layanan mungkin nanti akan ada evaluasi penambahan,” singkatnya. (ynt/mnf)

iklan bawah berita