Tujuh Jurusan Kuliah Paling Berpeluang Mendapatkan Pekerjaan

240

Kediri, faktaindonesia.co.id – Menentukan pilihan jurusan, bagi pelajar SMA atau siapapun yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, tidak pernah menjadi hal yang mudah. Ada saja hal-hal yang perlu dipertimbangkan sebelum mengambil keputusan. Mulai dari minat, bakat, kemauan orang tua, hingga peluang kerja yang dijanjikan oleh jurusan kuliah tersebut di masa depan, banyak atau tidak.

Nah, kira-kira jurusan kuliah apa ya yang paling banyak menjanjikan peluang kerja dalam 5-10 tahun mendatang?

  1. Digital Marketing

Tidak bisa dipungkiri mahasiswa lulusan jurusan Digital Marketing akan banyak dicari di pasar tenaga kerja. Mahasiswa akan mengembangkan kemampuan strategi pemasaran digital, optimalisasi media sosial, hingga analisis pasar.

Terlebih saat pandemi Covid-19 seperti saat ini, hampir seluruh perusahaan mengandalkan pemasaran berbasis digital untuk memutus penyebaran virus ini. Alhasil, jurusan Digital Marketing akan terus berkembang dalam 5-10 tahun kedepan.

  1. Data Science dan Artificial Intelligence

Jurusan kuliah yang bakal banyak dicari lainnya dalam 5-10 tahun kedepan adalah Data Science dan Artificial Intelligence. Mahasiswa akan banyak belajar seputar produk inovasi dengan menggunakan ilmu komputer. Biasanya jurusan ini tergabung dalam Teknik Informatika.

Dalam Jurusan Teknik Informatika, mahasiswa akan dibentuk menjadi ahli dalam bidang teknologi. Bahkan, di jurusan ini akan diajarkan pula tentang pemrograman hingga membuat aplikasi. Alhasil, lulusan Jurusan Teknik Informatika akan sesuai dengan kebutuhan dunia di masa depan.

  1. Jurusan Teknik Biomedik

Jurusan Teknik Biomedik merupakan gabungan Ilmu Keteknikan dan Ilmu Kedokteran yang mempelajari perancangan alat-alat mekanik dan elektronik untuk dunia kesehatan. Jurusan ini hadir untuk membangun teknologi kesehatan demi mengembangkan industri alat medis.

Terlebih, saat pandemi Covid-19 saat ini saja ada banyak perusahaan farmasi dan alat kedokteran yang membutuhkan tenaga kerja di sektor ini. Jadinkesempatan dalam 5-10 tahun kedepan masih akan terbuka luas bagi para pekerja.

  1. Jurusan Ilmu Komputer

Jurusan Ilmu Komputer merupakan salah satu jurusan Saintek yang terus mengalami perkembangan yang sangat pesat juga dibutuhkan di masa depan. Adanya kemajuan teknologi yang mengarah pada pemanfaatan teknologi komputer dan informasi membuat jurusan ini banyak diincar oleh anak IPA.

  1. Teknologi Informasi & Cyber Security

Kuliah di jurusan teknologi informasi memiliki beberapa kesamaan di teknik informatika. Bedanya, TI lebih memfokuskan pada pengembangan produk teknologi. Dengan banyaknya pemanfaatan teknologi berbasis digital tentunya akan beriringan dengan Cyber Security sehingga jurusan ini akan menjadi sangat seksi bagi para pencari kerja di masa depan atau setelah lulus nanti.

  1. Teknik Elektro & Robotik

Teknologi digital dan robot diprediksi akan menggantikan lebih dari 50% tenaga kerja di dunia. Daam 5-10 tahun kedepan, seorang profesional di bidang elektro dan robotik tentu ini bukanlah masalah, justru akan sangat dibutuhkan.  Sebab, meski bagian lainnya tergantikan mesin namun para ahli akan tetap berdampingan. Itu artinya kesempaan saat lulus nanti akan sangat terbuka lebar untuk langsung bisa bekerja.

  1. Kedokteran & Kesehatan Masyarakat

Kesehatan saat ini telah menjadi fokus kebutuhan masyarakat dunia, bahkan jauh sebelum Pandemi Covid-19. Bahkan sebelum 5 tahun kedepan, farmasi dan kesehatan akan segera menjadi industri major. Terlebih dalam 5-10 tahun kedepan atau lebih jurusan ini tidak akan pernah tergantikan. (AZ88)

iklan bawah berita