Beberapa Cara Belajar Efektif Menurut Pakar Psikologi

139

Faktaindonesia.co.id – Cara belajar siswa yang diterapkan pada masa pandemi memang tidak mudah. Namun, jika kita tahu cara terbaiknya, maka kemungkinan yang dihasilkan adalah pemahaman materi yang pas dan materi belajar juga bisa terserap dengan baik.

Menyikapi kondisi pandemi seperti ini, memang pada akhirnya kita mesti pandai-pandai dalam mengatur strategi terbaik dalam melakukan proses belajar. Karena dengan cara belajar yang benar, sudah tentu hasil yang akan kita dapat bisa maksimal. Pada Intinya proses belajar yang dilakukan di rumah akan sama kualitasnya dengan apa yang kita jalankan di sekolah atau belajar tatap muka.

Menurut para pakar psikologi ada beberapa cara belajar efektif yang bisa kalian terapkan :

  1. Belajar di Tempat yang Disukai
    Tak dipungkiri bahwa tempat yang nyaman akan mempengaruhi mood seseorang ketika belajar. Karena itu aturlah ruangan belajar kalian di rumah senyaman mungkin.
  2. Menyusun Target Pencapaian di Meja Belajar
    Seseorang yang memiliki semangat belajar tinggi pasti juga memiliki target/ cita-cita yang ingin dia capai.
  3. Belajar Sambil Mendengarkan Musik Klasik
    Musik sudah lama terbukti bisa membantu meningkatkan konsentrasi seseorang. Namun saat sedang belajar, hindarilah mendengarkan musik dengan lirik karena bisa membuat pikiran kalian terdistraksi. Sebaiknya, dengarkan musik klasik agar pikiran bisa menjadi lebih segar.
  4. Berdiskusi Dengan Kelompok Belajar
    Belajar kerap kali dilakukan seorang diri. Namun, beberapa orang lebih menyukai gaya belajar secara berkelompok. Bila kalian adalah tipe ke dua maka carilah teman yang bisa diajak diskusi. Dari proses diskusi, kalian akan mendapatkan lebih banyak hal yang mungkin tak akan didapatkan saat belajar secara mandiri.

Demikianlah beberapa cara belajar efektif yang bisa kalian tiru untuk mencetak prestasi di bangku sekolah. Yuk, Belajar efektif mulai dari sekarang. (rza)

iklan bawah berita