Polres Kediri Kota Gelar Simulasi Laka Lantas Menonjol

129

Kediri Kota, faktaindonesia.co.id – Satlantas Polres Kediri Kota menggelar simulasi penanganan laka lantas menonjol, yang digelar di Taman Tirtoyoso, Kota Kediri, Rabu (26/1/22).

Simulasi ini dilakukan sebagai upaya penyiapan bekal petugas saat terjun di lapangan nanti.

Simulasi dibuat dengan situasi sedetail mungkin yang dikemas mirip dengan kejadian sebenarnya. Mulai terdapat adanya korban laka lantas, hingga penanganan korban usai terlibat laka lantas.

Kapolres Kediri Kota, AKBP Wahyudi mengatakan, dengan dilakukannya simulasi ini, diharapkan petugas di lapangan baik kepolisian hingga stakeholder lainnya yang terlibat (pihak rumah sakit) dapat memiliki persepsi penanganan yang sama. Dengan begitu, proses penanganan kejadian laka lantas dapat tertangani dengan cepat dan tepat.

“Iya kita siapkan diri dan samakan persepsi antar stakeholder dalam penanganan korban laka lantas. Meski sebenarnya kita tidak mau kejadian laka lantas ini terjadi, namun kita tetap menyiapkan diri apabila sewaktu-waktu terdapat adanya kejadian,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Kapolres berpesan kepada masyarakat agar senantiasa mematuhi aturan berlalu lintas.

“Dengan mematuhi aturan tersebut diharapkan dapat meminimalisir kejadian laka lantas,” pungkas AKBP Wahyudi.

Dalam kesempatan yang sama, dijelaskan Kasat Lantas AKP Pandri Simbolon, simulasi ini digelar dari terjadinya laka lantas yang banyak memakan korban sampai dengan penanganan dan lidik olah TKP, hingga pertolongan pertama korban sampai lancar dan sukses berjalan.

“Simulasi ini dilakukan untuk antisipasi agar hal yang terjadi di Kalimantan semoga tidak terjadi di Kediri, dan kita harapkan apabila ini terjadi pihak kami siap untuk penanganannya,” terang AKP Pandri. (88GG)

iklan bawah berita