Wakil Bupati Kediri Dewi Maria Ulfa pimpin Upacara Peringatan Hari Amal Bhakti Kemenag RI ke-76

84

Kediri, faktaindonesia.co.id – Wakil Bupati Kediri Dewi Maria Ulfa S.T memimpin upacara peringatan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama RI ke-76 Tahun 2022, di lapangan MTS Negeri 9 Kediri di Desa Wonorejo, Kecamatan Wates Kabupaten Kediri, Senin (3/1/22).

Upacara dihadiri oleh kurang lebih 200 orang. Turut hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Kabupaten Kediri Dodi Purwanto, Kemenag Kabupaten Kediri Zuhri S.Ag., M.Si, Danramil 0809/10 Wates Kapten Inf Suliono, Kapolsek Wates AKP Suhariyanta S.Sos beserta para undangan.

Wakil Bupati Kediri membacakan amanat Menteri Agama yang menjelaskan, bahwa Kementerian Agama RI merupakan salah satu instansi pemerintah yang mempunyai peran penting dan strategis dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama serta mewujudkan tatanan kehidupan beragama yang toleran dan ramah bagi semua.

Kementerian Agama telah hadir sebagai payung teduh bagi semua unsur umat beragama, memberikan pelayanan prima bagi masyarakat yang membutuhkan layanannya, dan menjaga Pancasila, konstitusi, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk tetap dalam jalurnya.

Hal tersebut dibuktikan dengan naiknya Indeks Kesalehan Umat Beragama dari 82,52 pada tahun 2020 menjadi 83,92 pada tahun 2021. Indeks Kerukunan Umat Beragama juga mengalami peningkatan yang semula tahun 2020 sebesar 67,46 menjadi sebesar 72,39 pada tahun 2021.

Indeks Kepuasan Layanan KUA meningkat pula dari angka 77,28 pada tahun 2019 menjadi 78,90 pada tahun 2021. Kementerian Agama juga telah menjalin hubungan yang baik dengan para tokoh dan pemuka agama, organisasi dan lembaga keagamaan, Forum Kerukunan Umat Beragama, serta unsur masyarakat lainnya.

Dari perspektif tata kelola keuangan, Kementerian Agama juga mampu mempertahankan prestasinya. Kementerian Agama kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan tahun 2020. Capaian ini menjadi prestasi yang diraih selama lima tahun berturut-turut sejak tahun 2016.

Sebagai salah satu bentuk ucapan terima kasih, pada Hari Amal Bakti ke-76 ini atas nama Presiden RI diberikan Penghargaan Satyalancana Karya Satya 30 tahun kepada 509 orang, 20 tahun kepada 2.802 orang, dan 10 tahun kepada 5.999 orang Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agama.

Diharapkan di usia yang ke-76 ini, Kementerian Agama harus terus berbenah. Prestasi yang telah diraih harus dipertahankan. Dan secara bersamaan, perlu terus berinovasi untuk mewujudkan Kementerian Agama yang lebih baik. (88GG)

iklan bawah berita