Wisata Alam Pancar Wonotirto Sangat Membantu Perekonomian Warga Desa Gayam Kabupaten Kediri

226

Kediri, faktaindonesia.co.id – Desa Gayam, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, mempunyai wisata alam yang sangat berpotensi untuk membantu perekonomian warga sekitar. Wisata alam tersebut adalah wisata Pancar Wonotirto.

Pancar Wonotirto merupakan sungai dangkal yang direnovasi menjadi tempat rekreasi yang sangat menakjubkan.

Seperti adanya jembatan penyeberangan yang dihiasi dengan umbul-umbul warna warni, payung cantik, dan tempat singgah yang cukup banyak tersedia buat para pengunjung, sehingga para pengunjung bebas untuk memilih tempat singgah untuk menikmati suasana.

Selain tempatnya asri dan sejuk, wisata pancar wonotirto juga menyediakan banyak warung-warung makan, fasilitas hiburan atau permainan lainya, seperti andong, naik kuda, dan berbagai macam wahana permainan air.

Wisata pancar wonotirto juga berencana untuk membangun wahana baru, yaitu wahana terapi ikan untuk kesehatan, tujuannya agar para pengunjung tidak hanya disuguhkan dengan wahana permainan, tetapi juga disuguhkan dengan wahana kesehatan, agar para pengunjung bisa melakukan relaksasi di wisata tersebut.

Ketika awak media mencoba mewawancarai salah satu petugas permainan kuda yang bernama Andri, yang juga bertempat tinggal di Desa Gayam, mengenai kesan tentang tempat wisata pancar wonotirto tersebut, dia mengatakan, “Tempat wisata ini sangat membantu buat warga Desa Gayam mas, soalnya semua pengelola wisata di sini baik warung, wahana permainan, penjaga parkir dan keamanan semua dikelola oleh warga, jadi Alhamdulillah warga di sini bisa mendapatkan penghasilan tambahan mas”, kata Andri.

Awak media juga sempat mewawancarai salah satu petugas yang ada di wisata tersebut yang bernama Hari. Menurut keterangan Hari, untuk keseluruhan petugas keamanan di wisata tersebut berjumlah tujuh orang setiap harinya, salah satunya adalah Sunarsih dan Mualim, yang pada saat itu sedang piket di hari senin, sebagai petugas keamanan parkir.

Dapat disimpulkan bahwa, dengan adanya program wisata desa dapat membantu perekonomian warga Desa Gayam, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, sehingga kekompakan warga, pengelola wisata, dan perangkat desa sangat dibutuhkan.

Pada Senin (28/12/2021) Desa Gayam telah menunjukkan kekompakannya untuk mengelola tempat wisata tersebut, sehingga perekonomian di Desa Gayam bisa tetap terjaga, harapannya desa-desa lain juga melakukan program tersebut, agar pertumbuhan ekonomi di masing-masing desa semakin meningkat. (AZ88)

iklan bawah berita