Indonesia Melaju ke Final Usai Kalahkan Singapura dengan Sangat Dramatis

123

Faktaindonesia.co.id – Semifinal piala AFF Suzuki Cup antara Indonesia vs Singapura berjalan sangat alot. Sempat unggul melalui sepakan Ezra Wallian yang menerima umpan dari Witan Sulaeman pada menit ke-11, namun pada injury time babak pertama (45’+4′) Singapura mencetak gol balasan melalui bola mentah yang langsung disambar Song Ui-Yong, akhir babak pertama skor imbang 1-1.

Di babak kedua sebenarnya Indonesia unggul dalam jumlah pemain karena dua pemain Singapura Safuwan Baharudin dan Ikhsan Fandi harus meninggalkan lapangan pertandingan dikarenakan mendapatkan kartu merah dari wasit.

Permainan yang ngotot yang ditunjukkan oleh tim tuan rumah Singapura justru membuahkan gol dari sepakan tendangan bebas oleh Shahdan Sulaeman pada menit ke-74 dan Indonesia harus tertingal gol dengan skor 1-2.

Pelatih Indonesia Shin Tae-yong berusaha menambah daya dobrak di lini serangannya dengan memasukkan beberapa pemain salah satunya Egy Maulana Vikri dan strategi tersebut membuahkan hasil. Pratama Arhan mencetak gol pada menit ke-87, selang beberapa menit, Singapura mendapatkan hadiah pinalty buah kesalahan yang dilakukan Pratama Arhan, namun Indonesia sangat beruntung, Nadeo Argawinata kiper kelahiran asal Kediri mampu menepis tendangan pinalty tersebut dan memaksa pertandingan dibabak kedua berakhir imbang 2-2.

Berlanjut ke babak tambahan pertama, Indonesia terus menggempur pertahanan Singapura, melalui penetrasi individu yang dilakukan Egy dan tendangan keras yang dilancarkannya menjadi kemelut di depan gawang menyebabkan gol bunuh diri yang dilakukan pemain Singapura pada menit ke-91, Indonesia berbalik unggul 3-2.

Sebenarnya banyak peluang gol yang didapatkan Indonesia, namun permainan apik yang ditunjukkan kiper Singapura membuat Indonesia mengalami kebuntuan dalam menambah jumlah gol.

Namun menjelang babak tambahan pertama usai, Egy Maulana Vikri mencetak gol penentu kemenangan Indonesia atas Singapura dengan skor 4-2. Sampai babak tambahan kedua usai tidak ada gol yang tercipta.

Dengan agregat 5-3, Indonesia berhak lolos ke final Piala AFF Suzuki Cup 2020 dan akan bertanding pada Rabu (29/12/2021), melawan pemenang antara Vietnam dan Thailand yang baru akan melakoni pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF pada besok Minggu (26/12/2021). (Reza)

Foto : Kompas.com

iklan bawah berita